Friday 15 May 2020

Kopi Sidikalang Ciri Khas Kopi Sumatera

Kopi Sidikalang Ciri Khas Kopi Sumatera


Kopi Sidikalang ditanam di daerah Bukit Barisan di bawah udara yang sejuk dan tanah yang kaya mineral sehingga tak heran jika menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Kopi Sidikalang merupakan salah satu jajaran kopi terbaik di Indonesia, dan tak sedikit juga yang menyandingkan rasanya dengan kopi asal Brazil.


Salah satu produk unggulan dari Sidikalang adalah kopi robusta. Aroma dan cita rasa kopi robusta Sidikalang memang mirip dengan robusta di wilayah atau negara lain. Seperti cita rasa yang mirip cokelat dan sedikit manis. Namun wangi yang dihasilkan robusta Sidikalang tidak terlalu tajam. Teksturnya sedikit lebih kasar dari kopi Arabika biasanya.


Cita rasa sedang yang dimiliki robusta Sidikalang ini menghasilkan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga cocok bagi mereka yang memiliki masalah lambung atau penyakit maag tapi tetap ingin minum kopi setiap hari.


Ditambah rasa pahit seperti cokelat, menjadikan kopi ini memiliki rasa yang berbeda tentunya dengan kopi yang lainnya. Menjadi daya tarik bagi kalian yang ingin mencoba kopi Sidikalang asal Sumatera ini.


Keunikan dari kopi Sidikalang adalah arti dari nama tersebut, banyak orang orang berlomba lomba untuk membuat julukan bagi kopi ini. Yaitu,



Kopi "Sigarar-Utang"



Inilah julukan kopi Sidikalang yang tidak bisa dilepaskan dari para petani kopi Dairi. Rata-rata dari semua unsur masyarakat di Dairi maupun yang merantau ke luar dari Dairi tetap memelihara kopi, karena kopi ini mempunyai sihir yang mampu membayar utang (sigarar utang) dan mampu menjadi penyelamat ketika krisis terjadi.


Lokasi pembuatan kopi Sidikalang ini berada di Jl. Sudirman No.71, Kota Sidikalang, Sidikalang, Kabupaten Dairi, Sumatera Utara 22219. Buka setiap hari, senin sd minggu pukul 08.00 sd 18.00. Dan untuk mahar 250gram sebungkus kopi Sidikalang dibanderol seharga Rp. 175.000/bungkusnya.


Selain berkunjung langsung ke tempat pembuatannya, kopi Sidikalang kini sudah tersedia diberbagai toko online, dan bisa mengunjungi langsung membelinya ke situs website resmi dari kopi Sidikalang.


Semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment