Sunday 10 May 2020

Kopi Dalgona Dan Cara Pembuatannya

Kopi Dalgona Dan Cara Pembuatannya


Kopi Dalgona



Merupakan minuman jenis baru, Meskipun minuman ini sudah banyak dikenal, tetapi tidak banyak orang yang mengetahui bahwa apa arti dari Dalgona, Dalgona dalam bahasa Korea yang artinya "sarang madu" atau gulali yang menjadi jajanan favorit bagi anak anak asal Korea.


Dengan adanya wabah virus corona yang sedang berlangsung, penggemar kopi pasti sudah mulai membuat berbagai macam minuman baru yang lezat di rumah selama adanya sistem social distance (jaga jarak), yang melarang mereka untuk berkumpul diluar rumah, seperti mall, restoran, dan cafe.


Dan seperti yang kita tahu saat ini mungkin tidak asing lagi bagi kalian apa itu kopi Dalgona, tidak sedikit pula yang sudah membuat kopi ini dirumah. Selain bahan bahannya yang mudah didapatkan dan tanpa biji kopi khusus, cara membuatnya pun cukup mudah. Hanya saja butuh waktu beberapa menit untuk membuatnya, yang membuatnya cukup lama yakni membuat creamy foam nya.


Resepnya sangat sederhana dan dibuat dengan mengocok kopi instan, gula, dan air panas dengan proporsi yang sama hingga menjadi kental dan lembut. Lalu menuangkannya di atas susu dingin atau susu panas.


Beberapa orang menyajikannya dengan menambahkan kopi bubuk, atau coklat bubuk agar terlihat lebih profesional, dan ada juga yang menambahkan biskuit dengan madu tergantung selera.



Bahan-bahan :



  • 2 sdm kopi bubuk(nescafe)

  • 2 sdm gula pasir

  • 2 sdm air mineral dingin

  • 100ml susu putih cair

  • Beberapa Es batu


Cara membuatnya :



  1. Kocok gula, kopi, dan air dalam cangkir yang keras dengan tangan selama 3 menit hingga kental dan lembut


  2. Isi gelas dengan susu pilihan dan beberapa es batu


  3. Tuang campuran kopi yang sudah menjadi creamy foam di atas susu dingin.


  4. jika ingin dikreasikan bisa ditambahkan kopi bubuk, atau coklat bubuk diatasnya, bisa juga ditambahkan biskuit, madu atau potongan buah.


  5. selesai


Sekarang Anda dapat mengkreasikan sendiri komposisi, rasa dan topingnya.


Semoga bermanfaat


No comments:

Post a Comment