Wednesday 6 May 2020

Kopi Lanang Khas Garut

Kopi Lanang Khas Garut


Kopi lanang merupakan kopi khas Garut, dan istilah dari kopi lanang tersebut adalah untuk menyebut biji kopi atau olahan biji kopi yang tidak berkeping dua. Dalam satu ceri kopi, umumnya terdapat dua biji, tetapi kopi lanang hanya memiliki biji tunggal.


Para petani kopi biasanya akan memilah antara biji kopi berkeping dua dan yang berkeping satu. Harga kopi lanang selalu dipatok lebih mahal daripada olahan kopi berbiji keping dua dalam jenis yang sama. Hal itu dikarenakan kopi lanang tergolong langka dan melewati proses sortir yang cukup sulit. Kopi ini juga dipercaya memiliki cita rasa yang lebih nikmat dan manfaat yang beragam.


Beberapa manfaatnya adalah masyarakat jawa percaya bahwa kopi lanang ini bermanfaat untuk menambah vitalitas pria.


Ukuran biji kopi lanang lebih kecil dari pada biji kopi pada umumnya, bentuknya yang lonjong dan langka inilah yang membuat harganya sangat tinggi dari kopi yang lainnya. Biji kopi lanang umumnya hanya berkisar 5% - 10% hasil panen kopi keseluruhan. Sebagai perbandingan dari 50kg hasil panen biji kopi, hanya sebesar 800gr saja yang menghasilkan biji kopi lanang ini.


Permintaan kopi lanang yang tinggi bukan berarti harganya murah, harga jual kopi lanang ini hampir setara harga kopi luwak, untuk harga kopi lanang dibanderol seharga Rp. 140.000 sd Rp. 150.000 per kg. Harga ini cukup tinggi dibandingkan kopi biasa seperti arabica dan robusta yang bisa didapat seharga Rp. 100.000 per kg nya. Bahkan di Bali harga kopi lanang mencapai Rp. 250.000 per kg nya.


Dipulau dewata (Bali) permintaan kopi lanang sudah cukup banyak, peminatnya kebanyakan para wisatawan asing yang berkunjung kesana, seperti dari Korea Selatan dan juga Taiwan.


Untuk didalam negeri sendiri, kopi ini masih sepi peminat, karena belum banyak juga orang yang tahu dengan adanya kopi lanang ini. Biasanya kopi lanang ini hanya laku di kawasan pulau jawa saja, itupun hanya kalangan pecinta kopi saja yang mengetahuinya.


Untuk mendapatkan kopi lanang ini tidak lah sulit, kalian bisa membelinya di toko toko online pada umumnya, tidak perlu datang jauh ke kota Garut untuk merasakan kopi lanang yang terkenal cukup langka ini.


No comments:

Post a Comment