Wednesday 7 September 2016

Tips Merawat Notebook HP

Tips Merawat Notebook HP

Notebook HP dirancang secara khusus untuk digunakan di kantor, sekolah atau lingkungan rumah. Dalam penggunannya setiap kondisi secara bijak mengikuti panduan penggunaan dalam dokumen notebook yang terdapat dalam satu paket saat membeli.


Notebook HP ini lebih banyak digunakan oleh para developer dan programmer IT di Indonesia. Karena HP ini sangat bagus performanya dan cukup bandel. Namun sekalipun begitu, berusaha harus tidak ada risiko dari kerusakan oleh penggunaan atau pengaruh lingkungan sekitarnya adalah pilihan bijaksana.


Penggunaan notebook yang normal akan menghasilkan panas dan selalu menggunakan listrik, sehingga tindakan pencegahan yang tepat harus menjadi pertimbangan untuk mencegah cedera property dan atau kerusa kerusakan.



Disini sedikit akan menguraikan dasar kiat perawatan notebook HP.



Pedoman dasar untuk penggunaan yang tepat dari notebook HP ada pada setiap notebook HP saat membeli pertama kali . Bagi yang beli seken tentu akan mendapatkan kesulitan untuk mendapatkan informasi yang tepat merawat Notebook HP.


Informasi lebih lanjut, bisa dibaca pada Keselamatan dan Kenyamanan panduan disediakan dengan produk di http://www.hp.com/ergo.


Hal yang harus dilakukan jika ingin notebook yang dimiliki awet. Maka pertimbangannya harus menempatkan faktor keamanan menjadi perhatian yang penting.


Begitu halnya jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari notebook yang dimiliki untuk menghindari perbaikan yang cukup mahal. Mengikuti pedoman dan tindakan pencegahan dalam dokumen yang tertera disertakan dalamdusnya, notebook HP kita dapat memberikan hasil tahunan beroperasi bebas masalah.


Mengurangi kemungkinan kerusakan fisik (body mengelupas) dan komponen didalamnya yang berhubungan dengan panas atau overheating komputer, ada beberapa yang harus diperhatikan dan dijaga:


  1. Tidak menempatkan komputer secara langsung di pangkuan Anda atau menghalangi ventilasi udara komputer. Gunakan komputer hanya pada hard, permukaan datar.


  2. .Tidak membiarkan meletakkan diatas permukaan keras lainnya, seperti sambungan opsional printer, atau permukaan lembut, seperti bantal, karpet, atau pakaian menghalangi aliran udara.


  3. Tidak membiarkan adaptor AC menyentuh kulit atau permukaan lembut, seperti bantal, karpet atau pakaian, selama notebook dioperasi.kan Komputer dan adaptor AC memenuhi batas suhu permukaan merujuk berdasarkan Standar Internasional untuk Keamanan Peralatan Teknologi Informasi (IEC 60950).


Tips merawat Notebook HP




Dapat secara signifikan mengurangi risiko kerusakan notebook dengan memperhatikan ruangan / tempat / lingkungan sekitarnya. Petunjuk ini bisa dibaca pada bagian bawah body notebook HP


Disana penting untuk dibaca karena ini menyangkut tindakan pencegahan terhadap pengaruh faktor lingkungan secara sederhana yang dapat kita lakukan untuk membantu fungsi komputer notebook HP seperti yang dirancang berdasarkan SOP pabrik.


  1. Gunakan notebook HP pada permukaan yang keras, seperti meja, nampan, atau meja kerja.


  2. Tidak menggunakan notebook di atas pangkuan kita ( diatas paha ) atau membiarkan permukaan yang hangat melakukan kontak langsung dengan kulit kita. Jika kita ingin menggunakannya di pangkuan kita, maka harus dialaskan dengan permukaan keras, permukaan datar, seperti baki lap khusus dirancang untuk notebook.


  3. Tidak menggunakan notebook pada permukaan yang lembut, seperti tempat tidur selimut, bantal dan bantal, pakaian, atau karpet. permukaan tersebut dapat menghalangi aliran udara melalui ventilasi, yang dapat menyebabkan sirkulasi panas tidak lancar. Dimana panas ini merupakan energi untuk menggerakkan atau membangunkan sistem notebook HP.


  4. Gunakan atau menyimpan notebook kita dalam lingkungan yang sesuai dengan suhu dan kelembaban spesifikasi.


panas atau dingin dapat merusak komputer notebook HP dan mencegah dari beroperasi dengan benar.


Panas yang berlebihan dapat merusak komponen kunci dalam system notebook


Jangan meninggalkan notebook di ruangan panas, seperti mobil yang diparkir, atau di bawah sinar matahari langsung. Karena dapat dapat menyebabkan kerusakan panas dan warping. Jauhkan layar LCD dari sinar matahari langsung untuk waktu yang lama.


Jauhkan layar LCD dari sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. Karena notebook HP dirancang untuk secara otomatis aktivitas throttle ketika suhu internal melebihi tingkat yang telah ditetapkan. Jika suhu naik terlalu tinggi, notebook ini dirancang untuk mematikan dirinya untuk melindungi komponen internal.


Informasi rinci tentang kinerja notebook HP yang berhubungan dengan panas, ditandai dengan suara Fan ( kipas ) bising dan Spin berputar sangat cepat melebihi ambang batas kemampuan spin berputar.


Panas berlebihan itu dapat mempengaruhi baterai notebook, lihat Baterai Pengisian Tertunda Notebook Ketika Beroperasi di Suhu Ambient Tinggi.


Sebaliknya jika suhu ruangan berlebihan dingin pun akan merusak kinerja baterai. Suhu yang pantas itu sedikit lebih rendah dan arau sama dengan suhu ruangan dengan suhu antara 15°c sampai dengan 28°c. Pada suhu tersebut baterai dari pengisian dan beroperasi dapat bekerja dengan benar.


Kekhasan pada baterai Lithium-Ion yang digunakan dalam komputer notebook HP. Baterai tersebut tidak dapat mengisi dengan benar pada suhu 30°F sampai 50°F ( 0-10°C). Pada suhu ini, biaya baterai sangat lambat dan tidak bisa memperoleh muatan penuh sebelum waktu siklus pengisian keluar.


Operasi yang tepat notebook HP, yaitu pada ruangan yang lebih hangat di mana suhu internal dari baterai dapat naik di atas 50°F (10° C).


Jika baterai yang tersisa dalam suhu ruangan yang rendah selama 12 jam atau lebih, maka harus menghangatkan notebook tersebut dan juga baterai, dengan cara melakukan hard reset notebook.


Melakukan hard reset atau dipaksa mengkonfigurasi ulang, harus merujuk pada buku panduan melakukan Hard Reset atau Paksa ulang.


Hal lain yang harus diperhatikan juga, gunakan atau simpan notebook di tempatn bersih. Tambahkan silicagel didalam tas notebook dan simpan notebook didalamnya.


Tidak meninggalkan notebook di kandang panas, seperti mobil yang diparkir, atau di bawah sinar matahari langsung. Salah satu dari ini dapat menyebabkan kerusakan panas dan warping.


Jauhkan layar LCD notebook dari sinar matahari langsung untuk waktu yang lama. notebook HP dirancang untuk secara otomatis throttle aktivitasnya ketika suhu internal melebihi tingkat yang telah ditetapkan. Jika suhu naik terlalu tinggi, notebook ini dirancang untuk mematikan dirinya untuk melindungi komponen internal.


Perawatan yang tepat pada komponen listrik notebook, seperti power adapter dan kabel listrik, dapat menjaga notebook aman dari potensi bahaya. Jangan melakukan apa pun dengan komponennya ditukar dengan jenis lain pada perangkat listrik.


Gunakan hanya adaptor daya yang disertakan dengan notebook HP.


Untuk performa terbaik, gunakan hanya adaptor daya yang disertakan dengan notebook HP dan mengkonfigurasi pengaturan manajemen daya untuk kinerja optimal berdasarkan kebiasaan penggunaan kita.


Kebanyakan notebook HP memanfaatkan teknologi adapter smart power. Mereka dapat menggunakan adaptor daya dari notebook HP lain yang mungkin memiliki persyaratan watt yang berbeda.


Jika kita menggunakan adaptor daya yang memiliki watt rendah dari notebook, mungkin ada beberapa trade-off. Clock rate CPU dapat dikurangi untuk menghemat daya, yang dapat menyebabkan program berjalan lambat.


Baterai mungkin akan mengenakan biaya lebih lambat atau tidak sama sekali, atau adaptor daya itu sendiri bisa menjadi hangat saat disentuh. Informasi watt power adapter Notebook HP dicetak atau tertera pada bagian bawah adaptor itu sendiri.


Demikian tips merawat notebook HP. Nanti kita sambung merawat notebook dari merek yang lainnya.


Semoga ada manfaatnya.


Terima kasih sudah sudi berkunjung dan membaca tips ini.



Artikel terkait



No comments:

Post a Comment