Thursday 8 September 2016

Tips Merawat Notebook Acer

Tips Merawat Notebook Acer
Ketika pertama kali membeli laptop, segalanya tampak lebih lancar dan cepat saat mengoperasikannya. Menyimpan dan mengambil sejumlah file dan folder tak terlihat waktu dan kerja PC super cepat.


Namun seiring waktu, PC melambat hingga semakin banyak waktu terbuang tugas yang seharusnya tidak harus seperti ini. Ini terjadi pada semua jenis laptop / notebook. Perawatan dan penanganannya pun hampir sama termasuk pada notebook Acer.


Dengan penanganan secara bijaksana notebook Acer, dapat membuat notebook tetap berjalan secepat ketika baru pertama kali membelinya. Cara penanganan yang baik membuat notebook Acer tidak akan membikin kondisi terjadinya banyak pekerjaan tertunda hanya untuk menunggu giliran dikarenakan performa notebook Acer yang mulai berkurang.


Semua pasti berharap mendapatkan kinerja terbaik dari notebook / laptop tak terkecuali notebook Acer. Sepanjang waktu tidak peduli berapa banyak Anda menggunakannya dapat diselesaikan dengan cepat dan sederhana oleh partner kerja kita, yakni notebook Acer.


Untuk mendapatkan kondisi notebook Acer seperti itu penanganan secara garis besarnya bisa dibaca disini. Dan penanganan secara spesifik yang harus dilakukan secara teratur adalah dengan membersihkan perangkat lunak / software / aplikasi lama yang sudah tidak lagi digunakan.


Notebook Acer pada waktu pertama kali dibeli dan digunakan, hadir dengan segala macam perangkat lunak bebas dari software pra-instal. Dan beberapa waktu kemudian, mungkin menemukan beberapa aplikasi ini benar-benar bermanfaat atau menyenangkan menarik untuk diinstall, akan tetapi jika tidak pernah digunakan maka kita harus menyingkirkan software tersebut untuk membebaskan ruang pada hard disk.


Menyingkirkan aplikasi yang tidak diinginkan benar - benar bisa dikerjakan secara sederhana, jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak membuang semua potongan - potongan perangkat lunak yang telah hampir tidak digunakan.


Pada Windows 7 buka Control Panel dan kemudian ke Programs and Features. Untuk di Windows 8, bisa buka Control Panel, kemudian Programs/Uninstall program.


Selang beberapa detik semua aplikasi terpasang pada layar notebook akan muncul. Semua yang harus dilakukan menghapus doftware yang tidak digunakan. Caranya dengan klik software lalu klik di atasnya pada pilihan Uninstall.


Pada saat klik Uninstall, Windows akan menanyakan apakah kita yakin ingin menghapus aplikasi atau tidak. Jika ya, kemudian yang harus dilakukan adalah mengkonfirmasi dengan mengklik Ya. Setelah beberapa saat semua jejak perangkat lunak akan dibuang dari notebook selamanya.


Yang harus diwaspadai ketika akan menginstal perangkat lunak. Banyak aplikasi yang terdapat dari interneti ketika diinstall akan mengikut sertakan fitur toolbar dan item lainnya sebagai bagian dari proses instalasi.


Toolbar ini hanya berfungsi untuk memperlambat komputer kita, terutama browsing web. Untuk itu saat mencari aplikasi yang dibutuhkan yang ada di internet harus membaca setiap speck aplikasi dengan hati-hati - hati, ketika men-download dan menginstal aplikasi pihak ketiga.


Hal lain yang harus dijaga agar dapat mempertahankan performa notebook Acer. Perhatikan pada saat start up / booting. Jika saat start up membutuhkan waktu lama atau tampak lesu ketika pertama kali mulai menggunakannya maka harus dilihat pada item Startup.


Item Start ini dimuat ketika pertama kali booting notebook dan meskipun ini, secara teori, membuatnya lebih cepat aplikasi terbuka secara otomatis. Namun item/aplikasi yang disertakan pada saat Start up item terlalu banyak hanya dapat memperlambat notebook loading dengan merangkak.


Mengatasi masalah tersebut ada dua cara. Pertama, periksa preferensi aplikasi sebelum menginstall untuk melihat apakah ia menawarkan pilihan untuk membuka di startup atau tidak. Jika ingin menonaktifkan, jangan mencentang ya.


Kedua, jika tidak ada pilihan, maka pilihan kedua ini juga termasuk penanganan yang sudah menginstall aplikasi yang sudah terpasang dan menyertakan item start up.


Cara kedua ini, pergi ke Start (di Windows 7) atau Charms bar (di Windows 8) dan ketik msconfig ke dalam kotak pencarian dan tekan Enter. Ini akan membuka jendela System Configuration. Setelah berada di sini klik pada tab Startup. Di sini dapat melihat daftar aplikasi dan memutuskan untuk mematikan atau, jika benar - benar ingin mempercepat cukup klik Nonaktifkan semua tombol.


Yang perlu diketahui semakin banyak aplikasi terpasang sama dengan menggunakan lebih banyak berbagai file log, file temp dan file report yang dapat mengacaukan disk. File - file ini pada beberapa software file-nya ukurannya kecil, namun ada juga yang cukup besar dan dapat memakan potongan besar dari hard disk.


Maka untuk menangani ini, bisa menghapus semua secara manual. Namun mengerjakan secara manual adalah pekerjaan yang melelahkan. Pada Windows ada software yang dapat membantu membuang semua file yang tidak perlu dan merebut kembali ruang pada hard disk hilang.


Caranya pergi ke Start >> All Programs >> System Tools. Dan kemudian klik Disk Cleanup. Setelah scan singkat aplikasi Disk Cleanup akan membiarkan membaca file dan menginformasikan berapa banyak ruang yang dapat kembali dikosongkan.


Untuk merek notebook baru itu tidak akan terdapat jumlah file log, temp dan report yang besar. Akan tetapi sekali digunakan untuk sementara waktu dan menginstal Windows dan Office update, ruang hard disk dan RAM masih cukup besar. Kemudian beberapa splikasi yang terpasang dan tidak pernah digunakan, untuk menghilangkan file tersebut hanya cukup pilih hapus dan klik OK, Windows akan akan bertanya apakah kita yakin ingin menghapus file, jika ya klik Hapus. Menghapus File ini untuk memberi ruang pada hard disk lebih besar.


Kita pun harus selalu menjaga Windows agar selalu up-to-date. Microsoft terus memperbarui Windows untuk tetap aman dan memperbarui sistem. Sehingga akan lebih baik notebook Acer tetap di atas pembaruan sistem.


Untuk hal ini notebook harus terpasang dalam pilihan Windows untuk memeriksa dan menginstal pembaruan secara otomatis.


Untuk memastikan hal ini terjadi buka Control Panel dan Windows Update.


Setelah berada di sana klik Ubah pengaturan dan pastikan bahwa Instal update otomatis (disarankan) dipilih. Artinya bahwa notebook Acer ditetapkan untuk menginstal setiap hari pada saat Notebook Acer akan dinyalakan. Dengan cara ini akan selalu tahu bahwa Notebook Acer menjalankan versi yang sangat terbaru dari Windows.


Terakhir, harus selalu dipasang software anti-virus. Anti-virus secara aktif akan melindungi Notebook Acer dari Trojan dan virus lainnya. Kemudian Anti-virus terpasang harus terpasang dalam setingan update. Dengan begitu Notebook Acer akan terjaga performa akselerasi dan speed-nya juga tidak aksn pengaruh bug, crash.


Garis besarnya, ekstra pertahanan pada notebook Acer menjamin keamanan Notebook. Ada banyak baik gratis dan berbayar untuk layanan yang menawarkan berbagai pilihan Anti-virus. Silakan melihat-lihat untuk satu yang cocok dengan spesikasi jenis notebook dan pastikan menginstalnya secepat sebelum menginstall aplikasi yang lainnya kecuali instaal MsOffice.


Merawat Notebook baru dan menjaganya agar tetap dalam kondisi prima sebenarnya tidak terlalu banyak yang harus dikerjakan juga bukan pekerjaan yang melelahkan. Dengan hanya beberapa pemeriksaan dilakukan secara teratur, kita dapat memastikan bahwa notebook Acer selalu dalam kondisi terbaik dan aman dari virus dan privilege PC lainnya.


Dan yang lebih penting lagi adalah juga dapat memastikan bahwa Notebook Acer berjalan secepat mungkin.


Demikian perawatan secara periodik pada notebook Acer.


Semoga bermanfaat.





Artikel terkait





No comments:

Post a Comment