Tuesday 12 May 2020

Kopi Wamena Asal Papua Hingga Amerika Serikat

Kopi Wamena Asal Papua Hingga Amerika Serikat


Di Papua ada kopi yang sangat terkenal dan menjadi ciri khas tersendiri, yaitu Kopi Wamena. Kopi Wamena ini sejenis kopi arabika yang tumbuh subur di wilayah ketinggian sekitar 15.000 kaki dari permukaan laut dengan suhu 20–25 derajat celsius. Kopi yang diklaim memilki kualitas terbaik, dengan mengandung kafein yang sedikit.


Rasa kopi papua wamena sangat unik, mulai dari aroma cokelat dan floral, asam yang sedang. Banyak pendapat bahwa kopi dengan rasa floral sangat jarang ditemui, dengan prosesnya penanamannya tanpa menggunakan pestisida.


Ada 2 kawasan penghasil kopi terbesar dipapua, yaitu Nabire dan Wamena. Perkebunan kopi Papua di Wamena terletak di sepanjang lembah yang letaknya mengelilingi Kota Wamena, Lembah Baliem. Lembah tersebut letaknya ada di sisi timur Gunung Jayawijaya dengan panjang kurang lebih 80 km.


Tanaman kopi di Lembah Baliem ditanam pada ketinggian 1.200 hingga 1.600 mdpl. Tanah perkebunannya merupakan tanah vulkanik dan suhunya mencapai 15 derajat celcius saat malam hari. Kondisi ini sangat baik untuk bercocok tanam.


Kopi Wamena dikenal dengan rasa yang smooth dan balance, dengan aroma floral yang ada. Banyak yang berpendapat bahwa aroma floral dihasilkan dari cara penanamannya yang tanpa pestisida dan tanpa bahan kimia apapun.


Kopi ini menjadi idola baru sejak 2 tahun silam, dibeberapa hotel dan kafe di Papua. Banyak kopi asal Indonesia yang sudah sangat terkenal sampai ke luar negeri, seperti kopi Kintamani khas Bali, dan juga kopi Wamena asal Papua ini, sejak tahun 2008 kopi Wamena asal Papua ini sudah di ekspor hingga ke Amerika Serikat.


Untuk mendapatkan kopi ini sangat mudah dengan berkembangnya teknologi di Indonesia bahkan dunia, kita bisa membelinya secara online walau mungkin ada beberapa penjual yang menjualnya dalam bentuk kemasan ini sudah menyertakan bahan pengawet didalamnya, sehingga kemurnian biji kopi ini mungkin agak sedikit berkurang. Tapi tidak perlu khawatir, sudah ada website resmi dari kopi Wamena ini, dan itu bisa jadi pilihan utama untuk membeli kopi Wamena.


Bagaimana tertarik untuk merasakan kopi Wamena?


Sekian info tentang kopi Wamena, semoga bermanfaat. Terima kasih.


No comments:

Post a Comment